SUDAHKAH KIM DI JALAN YANG BENAR ?

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) mulai tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Kelompok ini berperan sebagai agen informasi di masyarakat dan berfungsi menjembatani kepentingan pemerintah dan masyarakat atau sebaliknya. Akan tetapi sudahkah KIM sudah sesuai dengan maksud dan tujuannya ?

Kelompok KIM adalah sebuah lembaga layanan publik dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya. Kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat.

KIM sebagai agen informasi tentu prosentase kegiatan dan aktifitasnya lebih banyak didominasi pada kemampuan mencari informasi, pengelolaan informasi, penyebaran dan penyampaian informasi. Hal ini ditunjang juga dengan kemampuan anggota KIM yang menguasai Teknologi Informasi sehingga memudah menadapatkan informasi yang benar – benar dibutuhkan oleh masyarakat sehingga masayarakat tersebut dapat berdaya dan dapat meningkatkan kesejahteraannya. Kemampuan pengelolaan itulahyang secara langsug maupun tidak diharapkan juga berdampak pada aspek kesejahteraan ekonomi.

Untuk itu KIM jangan dilihat dari substansinya saja, melainkan melainkan apa dampak dari kegiatan KIM ini. Sebab dalam kegiatannya tidak hanya diharapkan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) tapi juga memiliki kontribusi dalam upaya membantu pemerintah untuk mengurangi kemiskinan.

PENGGUNAAN FASILITAS INTERNET DAN BLOG BAGI KIM

Anggota KIM harus dapat dan bisa menjadi inspirasi dan pelopor informasi yang berdampak luar biasa terhadap promosi bagi keluarahan, kecamatan maupun kabupaten atau kota se-Jawa Timur tempat KIM tersebut berada. Dan untuk itu anggota KIM harus membuka cakrawala dan menghadapi tantangan di era globalisasi dan era perdagangan bebas. Untuk itu KIM harus memiliki sarana publikasi sendiri yang salah satunya dengan membuat blog. Karena dalam blog tersebut dapat diinformasikan kegiatan dan yang dihasilkan dari kelompok. Ini bisa menjadi sarana pengenalan pada dunia nasional maupun internasional.

Adanya KIM tidak dapat dipungkiri memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama warga di desa / kelurahan yang belum mengerti tentang Teknologi Informasi untuk itu KIM diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan tersebut dengan kegiatannya yang diselingi dengan banyak pelatihan utama yaitu pelatihan tentang Informasi dan Teknologi seperti internet.

Walaupun belum semua masyarakat belum paham dan dapat menggunakan internet namun telah banyak masyarakat kita yang telah memnggunakan jasa internet.

Untuk itu pelaku atau anggota KIM hendaknya dapat menggunakan akses internet agar dapat mengembangkan potensi yang ada dimasyarakat dengan lebih cepat dan lebih baik. Selain itu pelaku atau anggota KIM juga harus menjadi teladan dan dapat mengajari masyarakat yang belum akrab dengan teknologi internet yang tentunya internet yang sehat, dan dengan upaya tersebut kualitas KIM dapat tampak dan juga fungsinya lebih berguna bagi masyarakat luas.

KIM SEBAGAI SOCIAL AGENT

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) memang diharapkan dapat menjadi Social Agent yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan masyarakat. Misalnya sebuah KIM fokus dalam pengembangan produk kerajinan khas di daerahnya, maka dia harus mampu mengenalkan produk tersebut ke masyarakat luas melalui blog yang dimiliki oleh kelompok KIM tersebut. Akan tetapi produk yang dihsilkan oleh kelompok KIM tersebut harus mampu bersaing dengan produk – produk dari luar negeri.

Pemerintah juga harus turut membantu dalam pengembangan kelompok KIM tersebut misalnya dengan mengadakan pembinaan yang rutin, pemberian batuan perangkat komputer maupun peranagkat internet, dimana bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh anggota KIM untuk mengembangkan kegiatannya. Sebagai contoh seperti yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang melalui Bidang SKDI selain mengadakan pembinaan kepada kelompok – kelompok KIM yang ada di Kota Malang juga membantu pengusaha – pengusaha mikro yang bernaung di kelompok KIM dengan ikut mempromosikan produk mereka melalui Media Center Ken Dedes yang dimiliki dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang.

Namun KIM juga harus mampu untuk memberdayakan anggotanya sehingga anggota KIM dapat meningkatkan kesejahteraannya sehingga pengentasan kemiskinan yang dicanangkan oleh pemerintah dapat diwujudkan demi masyarakat Indonesia yang sejahtera. Karena kelompok KIM dalam jangka panjang diharapkan bisa mengurangi kemiskinan serta mengurangi beban pemerintah dalam bidang ekonomi dengan meningkatkan kterampilan dan Sumber Daya Manusia sehingga mempunyai daya saing dan mampu berkompetisi.

SUDAHKAH KIM DI JALAN YANG BENAR ?

            Dari kegiatan Pekan KIM yang diadakan setiap tahun akan direvisi menjadi Pekan Informasi yang kali ini menjadi suatu akumulasi dari berbagai aktifitas yang sumbernya dari informasi. Mulai darimana informasi tersebut diakses, diolah dan disebarkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat serta dampak yang ditimbulkan dari informasi tersebut.

Setelah lima kali kegiatan Pekan KIM dapat disimpulkan bahwa KIM sudah berada di jalan yang benar yaitu sebagai layanan publik dan agen sosial yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan masyarakat, sehingga masyarakat dapat berdaya dalam kehidupannya sehari – hari.

One thought on “SUDAHKAH KIM DI JALAN YANG BENAR ?

  • March 12, 2016 at 3:54 am
    Permalink

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *